Evaluasi Kinerja Kepala Sekolah

Menilai kinerja kepala sekolah merupakan aspek penting untuk memastikan pengelolaan dan pertumbuhan lembaga pendidikan yang efektif. Seiring dengan terus berkembangnya metode pendidikan, sangatlah penting untuk menerapkan proses evaluasi yang komprehensif dan bermakna bagi kepala sekolah yang mencerminkan dinamika perubahan pendidikan.

Evaluasi terhadap kepala sekolah memiliki berbagai tujuan. Pertama, menyediakan mekanisme untuk mengukur efektivitas keterampilan kepemimpinan dan kemampuan manajemerial serta pengelolaan sistem manejemen sekolah. Informasi ini sangat penting untuk mengidentifikasi bidang-bidang yang menjadi kekuatan dan bidang-bidang yang memerlukan perbaikan. Selain itu, evaluasi kinerja membantu mengidentifikasi potensi pelatihan dan peluang pengembangan bagi kepala sekolah, sehingga memungkinkan mereka meningkatkan kemampuan dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada sekolah. Kedua, evaluasi kinerja kepala sekolah berkontribusi terhadap kemajuan sekolah secara keseluruhan. Dengan menilai kinerja individu yang bertanggung jawab mengawasi lembaga pendidikan, akan lebih mudah untuk mengidentifikasi permasalahan sistemik dan menerapkan perubahan yang diperlukan. Hal ini, pada gilirannya, akan meningkatkan hasil siswa dan lingkungan belajar yang lebih kondusif.

Ada Beberapa Aspek Yang Dinilai dalam EKKS Tahun 2023

  1. Pengembangan Diri dan Orang Lain

Pengembangan diri dan orang lain adalah salah satu kompetensi manajerial yang harus dimiliki oleh seorang Kepala Sekolah. Terdapat 8 jenis kompetensi yang dikelompokan pada kompetensi manajerial. Pengembangan diri dan orang lain adalah kemampuan untuk meningkatkan pengetahuan dan menyempurnakan keterampilan diri; menginspirasi orang lain untuk mengembangkan dan  menyempurnakan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan pekerjaan dan pengembangan karir jangka panjang, mendorong  kemauan belajar sepanjang hidup, memberikan saran/bantuan, umpan balik, bimbingan untuk membantu orang lain untuk mengembangkan  potensi dirinya.

  1. Kepemimpinan dalam Pembelajaran

Salah satu karakteristik yang harus dimiliki sekolah adalah kepemimpinan pembelajaran yang tangguh. Kepemimpinan pembelajaran merupakan suatu konstruk multidimensi yang berkenaan dengan bagaimana kepala sekolah mengorganisir dan mengkoordinir kehidupan kerja di sekolah. Kepemimpinan pembelajaran yang efektif memerlukan hubungan yang sinergis antara faktor eksternal sekolah dengan perilaku kepemimpinan pembelajaran, khususnya perilaku pemimpin sekolah dalam mengarahkan dimensi-dimensi internal sekolah kearah peningkatan kinerja pembelajaran.

  1. Kepemimpinan Manajemen Sekolah

Manajemen yang baik yaitu apabila di dalamnya ada kegiatan pengelolaan seperti kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan oleh orang dengan status dan memiliki kewenangan sebagai manajer. Namun untuk tujuan lebih jelasnya yaitu membuat efektivitas produksi di setiap jenjang pendidikan, dengan begitu para lulusan bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi dan bisa menyesuaikan diri dalam lingkungan masyarakat.

  1. Kepemimpinan Pengembangan Sekolah

Kepemimpinan merupakan proses mempengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi.Dalam hal ini demi tercapainya sekolah yang maju harus dipimpin oleh seorang Kepala Sekolah yang berkompeten untuk membawa sekolah kearah yang kebih baik.

Dalam paparannya, “Kepala SMK Ma’arif 8 Kebumen, Endang Nuti Rejeki, SE. menyampaikan bahwa selama setahun ini telah ada beberapa program yang telah dilaksanakan di SMK Ma’arif 8 Kebumen, diantaranya adalah : peningkatan ketrampilan atau skill siswa yang menggambarkan profil pelajar pancasila, pelatihan ketrampilan guru dan karyawan, pengelolaan usaha mandiri sekolah yang dilaksanakan oleh tiap konsentrasi keahlian, serta program lainnya.”

Pada kesempatan yang sama, Pengawas SMK yang hadir dalam kegiatan EKKS Tahun 2023 yaitu, Bapak Edi Suryono, S.E.,MM.Pd. menyampaikan bahwa “kegiatan EKKS dulu namanya PKKS merupakan kegiatan rutin tahunan yang memiliki tujuan untuk menilai program kerja dan manajemen sekolah yang dikelola guru dan tenaga kependidikan dibawah kepemimpinan kepala sekolah. Sehingga dengan diadakannya evaluasi menjadi problem solving dari setiap permasalahan yang ada di sekolah. Ada pula sekolah bisa berbenah dari hasil evaluasi yang sudah terlaksana.”

Kegiatan Evaluasi Kinerja Kepala Sekolah (EKKS) dilaksanakan di SMK Ma’arif 8 Kebumen Pada Hari Senin, 4 Desember 2023